Pentingnya Membuat Denah Rumah Sebelum Membangun Hunian

Pentingnya Membuat Denah Rumah Sebelum Membangun Hunian

Denah rumah merupakan bagian dari perencanaan awal ketika hendak membangun hunian. Jangan asal membuatnya, karena pada dasarnya untuk membuatnya dibutuhkan kecermatan agar kelak rumah yang dibangun benar-benar nyaman untuk dihuni.

Untuk membuat denah rumah setidaknya diperlukan beberapa informasi, seperti:

  • Lokasi yang meliputi keadaan atau kondisi tanah serta luasnya yaitu ukuran panjang dan lebarnya
  • Jumlah lantai (1 lantai atau 2 lantai)
  • Letak jalan dan keadaan area sekelilingya
  • Arah hadap rumah
  • Rencana luas bangunan
  • Ruang yang dibutuhkan
  • Desain/model/gaya rumah
  • Ketersediaan dana

Berikut pentingnya membuat denah rumah:

1. Untuk tata ruang yang baik

Sudah pasti jika rumah akan terbagi menjadi beberapa ruang, maka buatlah denah rumah dengan penuh kecermatan. Jangan hanya terpaku pada jumlah ruang yang dibutuhkan saja, namun perlu juga diperhatikan ukuran setiap ruangnya agar masing-masing ruang itu dapat difungsikan dengan baik nantinya.

Bukan hanya jumlah dan ukurannya saja, perlu juga diperhatikan dalam memposisikan setiap ruang-ruang itu. Upayakan agar ruang yang bersifat privasi tak terlihat dari ruang yang bersifat publik, agar aktifitas dalam ruang privasi dapat dilakukan dengan leluasa.

2. Penempatan pintu, jendela, dan ventilasi

Pintu berfungsi sebagai alat untuk perpindahan baik orang maupun barang dari ruang satu ke ruang yang lainnya. Dengan membuat denah rumah, penempatan pintu dapat direncanakan dengan baik termasuk arah hadapnya, sehingga nantinya dapat difungsikan secara maksimal tanpa mengganggu/terganggu ruang di dekatnya dan juga sirkulasi antar ruang dapat berlangsung secara nyaman.

Penempatan pintu utama seharusnya mendapatkan perhatian yang serius, karena berhubungan dengan arah hadap rumah. Pertimbangkanlah dengan sabaik-baiknya dalam menentukan arah hadap pintu utama, tak harus selalu menghadap ke jalan dengan alasan untuk menjaga privasi ketika pintu terbuka misalnya.

Jendela dan ventilasi berkaitan erat dengan pencahayaan terutama yang bersifat alami dan juga untuk sirkulasi udara. Jadi dengan membuat rumah, penempatan jendela dan ventilasi dapat diposisikan pada tempat yang pas sehingga dapat difungsikan secara maksimal untuk pencahayaan dan sirkulasi udara pada masing-masing ruang.

3. Perencanaan Anggaran Biaya

Denah rumah dapat dijadikan sebagai media untuk menghitung material bangunan dan biaya yang dibutuhkan. Nantinya dalam membeli material bangunan dapat terukur dengan tepat, sehingga tidak terlalu banyak kekurangan atau kelebihan. Begitu pula dengan perkiraan jumlah dana yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah juga dapat diketahui sebelum memulai pembangunan.

4. Gambaran desain rumah

Dengan membuat denah rumah akan diperoleh gambaran mengenai desain rumah. Terutama jika dibuat secara 3 dimensi di sini Anda dapat berkreasi untuk memperoleh bentuk rumah seperti yang dinginkan, sepertinya estetika bangunan rumah juga lebih mudah didapatkan.

5. Perencanaan dalam penataan furniture/perabotan rumah

Ketika membuat denah rumah sekaligus dapat merencanakan tentang penempatan furniture/perabotan rumah, agar nantinya terlihat rapi dan dapat difungsikan secara maksimal tanpa membuat ruang menjadi sesak. Penempatan furniture yang tidak tepat dapat mengganggu kenyamanan penghuni rumah ketika berjalan dari ruang yang satu ke ruang lainnya. Pencahayaan alami juga dapat terhalangi sehingga tidak merata ke penjuru ruang.

6. Perencanaan instalasi air dan listrik

Denah rumah dapat dijadikan media untuk perencanaan pemasangan instalasi air bersih dan listrik, termasuk juga untuk pembuangan air limbah rumah tangga. Ketika rumah sudah jadi pun akan tetap bermanfaat karena dengan mengetahui letak-letak instalasi air dan listrik akan memudahkan menanganinya jika kelak ada masalah pada instalasi-instalasi itu.

7. Hemat waktu dan biaya

Denah rumah dijadikan panduan bagi tukang untung menyelesaikan pekerjaan. Jika dibuat secara cermat maka pengerjaan pembangunan rumah akan cepat selesai, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Itulah mengapa membuat denah rumah itu penting dalam perencanaan pembangunan rumah. Jadi buatlah dengan sebaik-baiknya agar rumah yang dibangun kelak dapat menjadi hunian yang aman dan nyaman.

Pastinya rumah itu akan dijadikan hunian dalam jangka waktu yang lama, tidak untuk satu atau dua hari saja bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *